Tuesday, August 21, 2018

3 jenis Umpan Ikan Air Tawar Jitu, Tips Mancing Ikan Air Tawar Strike Terus!

mancing di air tawar
Mancing ikan yang sangat menyenangkan dilakukan adalah mancing ikan air tawar. Maksudnya dilakukan di kawasan air yang rasanya tawar. misalnya di sungai, waduk, rawa dan danau. Untuk melakukannya membutuhkan keahlian dalam trik memancing dan meracik umpan. Untuk mancing ikan air tawar itu butuh umpan jitu ikan air tawar. Ga’ boleh sembarangan memakai umpan karena sudah dipastikan tidak bakalan dimakan.

Mancing menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kaum laki-laki, walaupun ada sebagian kecil dari kaum hawa yang memiliki hobi memancing. Memancing tidak memandang status ekonomi, mau kaya atau pun miskin, tua maupun muda semuanya boleh memiliki hobi mancing. 

Orang yang gemar memancing terkadang mendapatkan stigma kurang baik di hadapan masyarakat, karena dianggap sebagai pengangguran yang kerjanya malas-malasan, padahal para pemancing melakukan kegiatanya hanya di lakukan pada waktu liburan kerja. Namun kini aktifitas mancing sudah lebih dapat diterima di masyarakat, apalagi semenjak menjamurnya acara-acara TV bertajuk mancing yang juga di acara itu banyak dibagikan cara umpan jitu ikan air tawar maupun laut.

Umpan Jitu Ikan Air Tawar bisa beragam, tergantung jenis ikan apakah yang ingin ditangkap. Apakah itu dari jenis karnivora, herbivora, atau omnivora, makanya pemancing harus memiliki penngetahuan yang cukup tentang karakteristik ikan air tawar. Jadinya kalau berangkat mancing sudah pasti ada hasilnya.

Umpan mancing di air tawar memiliki 3 cara, yaitu:

Menggunakan umpan hidup.
Menggunakan umpan buatan.
Menggunakan umpan racikan.

Yang  pertama menggunakan umpan hidup

1. Cacing Tanah
Danau air tawar
Tentu semua orang sudah tahu binatang cacing ini, karena untuk mendapatkanya mudah sekali, cukup dengan menggali tanah yang gembur langsung dapat. Mancing ikan dengan cacing tanah ini sepertinya yang paling mudah dan murah. Cukup mengambil satu ekor cacing dan dipotong badan cacingnya saja lalu dikaitkan ke kailnya dan tinggal lempar ke sungai. Hampir semua jeni ikan air tawar menyukai umpan cacing ini. 

2. Udang
Udang juga menjadi favorit umpan mancing ikan air tawar, apalagi jika danau tempat anda memancing sudah tersedia banyak udang itu akan lebih memudahkan lagi. Cara mengambil udang yang di danau dengan menggunakan botol air mineral di potong tengahnya, lalu ambil pada bagian bawah botolnya. Lubangi kecil-kecil pada bagian bawah botol supaya air bisa masuk dan pada bagian atas di ikat senar. Setelah itu masukan pelet ke dalam botol. Masukan potongan botol yang sudah di ikat senar itu kedalam air danau, tunggu beberapa menit dan udang akan mengumpul di dalam botol itu. Ambil kembali botol yang sudah terisi udang  dan udang bisa di gunakan untuk umpan memancing. 

3. Anak ikan mas
Anak ikan mas bisa anda gunakan untuk memancing ikan gabus. Caranya dengan menusukan kail pada bagian ekor anak ikan mas. Gabus yang melihat pergerakan anak ikan mas akan langsung mengejar dan memakanya.

4. Kroto
Umpan jitu ikan air tawar lainya adalah kroto. Tahukah apa itu Kroto? Ini adalah telur semut rang-rang. Umpan kroto bisa di gunakan untuk meracik umpan ikan, tapi bisa juga menggunakanya secara langsung, caranya dengan mengambil satu butir kroto dan tancapkan pada mata kail yang kecil. Namun untuk umpan menggunakan, hanya bisa mendapatkan ikan kecil seperti ikan sepat, karena ikan sepat memiliki ukuran mulut yang kecil.

5. Lumut
Lumut merupakan jenis umpan jitu ikan air tawar herbivora. Kalau mau mancing ikan mujair bisa pakai umpan ini. 

6. Cacing Nipah
Cacing nipah ini sering disebut sebagai cacing laut. Ini adalah jenis cacing yang umumnya muncul di pohon nilah. Ukurannya cukup besar, cocok dipakai sebagai umpan jitu ikan air tawar di daerah muara.

7. Ulat pisang
Ulat pisang bisa anda gunakan sebagai umpan mancing. Untuk mendapatkanya, carilah daun pisang yang ujungnya menggulung, jika anda menemukanya, sudah pasti di dalamnya ada ulatnya.

8. Coro.
Coro juga bisa dijadikan sebagai umpan jitu ikan air tawar. Mancing ikan pakai coro ini lumayan ampuh untuk menangkap ikan yang berukuran sedang. Untuk mendapatkan coro ini sama dengan kita mencari ga'ang, yaitu di tanah yang gembur.

9. Keong
Ternyata keong yang banyak kita temukan di pinggiran danau juga bisa dijadikan umpan jitu ikan air tawar. Mencarinya pun tidak perlu jauh-jauh kok. Ambil satu ekor keong dan pecahkan cangkangnya lalu ambil daging keong itu. Jika terlalu besar bisa di potong sesuai dengan ukuran kail.

10. Kecebong (anak katak)
Siapa yang tidak kenal dengan kecebong? Ini merupakan umpan jitu ikan air tawar juga loh. 

11. Jangkrik
Jangkrik juga bisa anda gunakan sebagai umpan ikan air tawar. Cara menggunakanya tusukan mata kail pada bagian perut dan keluarkan isi perut belalang dengan cara memencetnya supaya ikan bisa mencium amis dari isi perut belalang.

12. Ga’ang
Ga’ang bisa anda temukan di dalam tanah yang lembab, contohnya di tanah yang gembur dan basah.  

Yang kedua menggunakan umpan buatan.


Umpan buatan bisa berbentuk ikan-ikanan atau katak yang terbuat dari bahan elastis. Umpan mancing dengan menggunakan umpan buatan ini biasanya untuk memancing ikan gabus, karena ikan gabus merupakan ikan predator yang selalu memakan binatang hidup, maka umpan buatan ini akan dikira makanan mereka.

Yang ketiga menggunakan umpan racikan.


Umpan racikan bisa menggunakan beberapa campuran untuk menghasilkan aroma yang di sukai ikan. Dan biasanya umpan menggunakan racikan ini harus mengeluarkan modal yang lebih besar di bandingkan dengan menggunakan umpan hidup atau umpan buatan. Umpan hidup anda bisa mencarinya sendiri atau membelinya dengan murah sedangkan umpan buatan, anda hanya membelinya sekali dan dipakai bisa berkali-kali. Sedangkan untuk umpan racikan, anda harus mengeluarkan modal yang tidak murah namun hanya bisa dipakai seharian mancing tergantung dari seberapa banyaknya anda membuatnya.

No comments:

Post a Comment