Friday, August 10, 2018

Umpan Jitu dan Cara Mancing Ikan Sepat

Ikan sepat merupakan ikan air tawar yang bisa kita temukan di danau, sungai, waduk, rawa dan di empang. Ikan ini biasa hidup bergerombol dan sering muncul ke permukaan air untuk mengambil udara. Biasanya ikan sepat ini berada di bawah tanaman air seperti kangkung, eceng gondok rerumputan yang menjorok ke air. Tanaman air juga bisa digunakan ikan sepat untuk menaruh telur-telurnya.

Ikan sepat memiliki mulut yang kecil, sehingga cara memancing ikan sepat hendaknya gunakan kail kecil yang ukuran 1. Jika kail yang anda gunakan kebesaran, maka ikan sepat tidak langsung melahapnya, melainkan hanya di makan sedikit demi sedikit dan habis, sehingga anda hanya memberinya makan saja tanpa merasakan straiknya.
umpan ikan sepat

Umpan jitu ikan sepat:
  • Cacing: Jika anda menggunakan cacing, maka anda jangan memberinya terlalu besar. Cacing bisa anda potong ujungnya sedikit sesuai dengan ukuran mata kail supaya bisa langsung di makan, karena mulut ikan sepat tidak seperti ikan lele atau yang lainya.
  • kroto. Menggunakan kroto juga bisa anda gunakan, yaitu dengan cara satu telur kroto di tancapkan pada mata kail.
  • Laron. Laron juga bisa anda gunakan sebagai umpan jitu ikan sepat. Anda tingal mengumpulkan laron yang sayapnya sudah lepas dan tusukan kekail.
  • Lemak ayam. Lemak ayam bisa anda gunakan sebagai umpan ikan sepat dengan cara di potong kecil-kecil seukuran mata kail.
  • Lumut halus. Lumut halus juga bisa di gunakan sebagai umpan ikan sepat. 
  • Rayap. Ambil satu ekor rayap dan tancapkan pada mata kail.
  • Ulat bambu. Memancing ikan sepat dengan menggunakan ulat bambu, mungkin masih kebesaran buat mulut ikan sepat, karena itulah ulat bambu harus di potong kecil supaya ikan sepat bisa melahapnya.
  • Mi instan. Mi instan yang masih mentah di rendam hingga mengembang, setelah itu anda tingga mencuilnya sedikit seukuran dengan mata kail.
Telur semut rang-rang (keroto)

Sebelum di pancing, hendaknya area yang akan di pancing di bom dahulu dengan menggunakan kerupuk. Lemparkan kerupuk ke air sehingga ikan sepat akan berdatangan karena minyak dari kerupuk akan memberikan aroma bagi mereka. Jika ikan sepat sudah berkumpul, anda bisa langsung memancingnya.

.

No comments:

Post a Comment