Sunday, August 19, 2018

Umpan Mancing Ikan Gurami Yang Sulit Makan

Ikan Gurame

Ikan gurami adalah species ikan yang banyak di gemari karena rasa dagingnya yang sangat gurih dan tebal. Ikan ini dapat dikatakan ikan yang banyak diam dan tidak seberapa agresif.

Ikan gurami umumnya sangat menyukai dengan tempat-tempat yang teduh dan rimbun pada habitat aslinya di alam. Walaupun ikan ini kerap naik kepermukaan, namun jenis ikan gurami begiti menyukai perairan yang dalam.

Bagi anda yang hobi memancing, memang ada pengalaman luar biasa ketika mengajar ikan gurami saat terkena pancing. Disinilah letak sensasi dari memancing ikan gurami.

Lain halnya dengan sensasi yang di peroleh ketika memancing ikan mas, yang sensasinya bisa kita rasakan mulai dari ketika kumbul dimakan sampai pada ketika mendapatkan perlawanan dari tarikan ikan mas. biasanya pelampung akan langsung tenggelam ketika umpan mendapatkan sambaran. Namun memang berbeda cara makan dengan ikan mas yang bisa membuat pelampung menari-nari dan naik turun dengan cepat sebelum kumbul benar-benar tenggelam menandakan bahwa umpan sudah berada di dalam mulut ikan.

Untuk memancing ikan gurami sendiri harus mengerti benar kapan saat-saat yang tepat saat ikan benar-benar merasa lapar untuk mencari makan. Jika tidak, maka jangan harap ikan akan memakan umpan diwaktu yang kurang tepat.


Ikan gurami umumnya akan begitu mudah kita pancing di petang dan malam hari. Itulah mengapa sebabnya jenis ikan ini kurang sekali menjadi ikan target untuk kolam pemancingan.
Kadang memancing ikan gurami begitu susah sekali, dimana ikan benar-benar enggan untuk memakan umpan yang kita gunakan. Lalu apa yang mesti kita lakukan ketika ikan gurami kehilangan nafsu makan mereka.

Umpan Alami Mancing Ikan Gurami Dengan Menggunakan Buah-buahan.
Kalau memang umpan benar-benar tidak mendapat sentuhan sebaiknya kita pakai jenis umpan alami seperti buah-buahan.

Banyak sebenarnya jenis umpan yang dapat kita pakai untuk mancing ikan gurami yang bisa kita pelajari dari makanan alami mereka.

Menggunakan jenis buah-buahan merupakan salah satu cara yang juga terbukti begitu jitu untuk membangkitkan selera makan ikan.

Adapun jenis buah yang biasanya disukai ikan gurami adalah :

1. Umpan Dengan Memakai Buah Pisang
Untuk menggunakan buah pisang sebagai umpan mancing ikan gurami sebaiknya gunakan pisang yang beraroma wangi seperti pisang ambon dan pisang raja.

Pisang dengan aroma wangi akan meningkatkan selera makan ikan gurami dan membangkitkan insting mereka akan jenis makanan alami di alam liar.

Untuk cara menggunakan juga begitu mudah dan cepat sekali, yaitu dengan mengiris pisang kecil-kecil yang di sesuaikan dengan {ukuran|lebar| mulut ikan target.

Jika ikan target bobotnya atau ukurannya besar, maka samakan dengan kail yang {digunakan|do, tentu irisan atau rajangan buah pisang harus dibuat seukuran kail yang menyesuaikan mulut ikan.

Caranya gunakan irisan buah pisang ke kail dan dapat langsung pakai untuk memancing tanpa harus melalui proses peracikan yang dilakukan seperti memancing ikan mas.


2. Umpan Dengan Memakai Buah Apel
Buah apel juga ternyata bisa kita pakai untuk umpan memancing ikan gurami yang sulit makan umpan pancing.

Buah apel memiliki bau khas yang juga dapat membangkitkan selera makan ikan gurami. Cara menggunakannya sama dengan langkah di atas, yaitu dengan membuat irisan buah apel disesuaikan dengan mata kail yang digunakan.


3. Umpan Mancing Dengan Memakai Buah Labu
Selain buah pisang dan buah apel tadi, umpan ini tak kalah unik dan juga bisa meningkatkan selera makan ikan gurami yang seolah mogok makan.

Namun sedikit berubah dari cara di atas, karena umpan labu ini harus melewati proses pengukusan terlebih dahulu sampai buah labu matang dan lembut. Untuk cara memakainya sama dengan langkah-langkah diatas.

No comments:

Post a Comment