Friday, August 3, 2018

Cara Memancing Ikan Boboso

Ikan boboso merupakan ikan predator yang memakan umpan hidup seperti cacing, udang, ulat dan umpan hidup lainya. Ia merupakan ikan air tawar yang rasanya sangat lezat. Ikan ini bisa kita temukan di danau, sungai dan waduk.

Orang menyebut ikan ini dengan sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya ikan betutu, gabus broso, gabus malas, gabus bego. Untuk penamaan gabus malas dan gabus bego, itu lantaran ikan ini bukan ikan yang agresir seperti ikan mujair dan sebagainya. Ikan boboso ini dalam mencari makan hanya diam di dasar air dan menunggu umpan yang lewat mendekatinya.

Trik Memancing Ikan Boboso

Untuk cara memancing ikan boboso ini tergolong mudah. Anda hanya menggunakan umpan cacing, dan karena ikan boboso ini hanya berdiam diri di dasar air, maka anda buatlah umpan cacing yang anda berikan seolah-olah sedang berenang di air. Anda pilih pelampungnya yang agak besar supaya kail mengambang (tidak tenggelam sampai ke dasar). Usahakan agar umpan cacing menggantung antara umpan cacing dan dasar air berjarak satu jengkal.

Lalu anda jalankan pelangpungnya dengan cara di tarik pelan-pelan menyusuri bibir danau. Pelampung yang berjalan akan membuat umpan cacing ikut berjalan pelan-pelan sehingga seolah-olah umpan cacing itu seperti seekor binatang yang sedang berenang. Ikan boboso yang melihat umpan anda akan keluar dari persembunyianya dan mengejar umpan anda kemudian memakanya.

Cara memancing ikan boboso seperti itu merupakan cara  yang biasa di lakukan oleh pemancing di setu babakan, dan lantaran banyaknya ikan boboso di setu babakan ini, maka ikan boboso ini kurang diminati oleh masyarakat sekitar setu babakan. Di setu babakan ini terdapat ikan mujair, ikan mas, ikan lele, ikan gabus, ikan bawal, ikan tawes, untuk ikan yang lainya saya belum tahu pasti.

No comments:

Post a Comment