Friday, August 31, 2018

TIPS MANCING MALAM DI SUNGAI DAN DANAU

Mancing Malam
Tips Mancing Malam Di Sungai Dan Danau - Untuk para pemancing tidak ada aturan batasan waktu saat memancing, baik itu dipagi hari, siang hari maupun malam hari. Memancing tetap dapat dilakukan kapan saja tanpa ada rasa takut zonk. Selera makan ikan memang sangat dipengaruhi oleh temperatur air, dimana ikan akan lebih galak saat kondisi air lebih hangat.

Terus, apakah malam hari Ikan Mau makan?? Tentu saja mau. Bahkan saat menjelang sore hari sampai malam, ikan-ikan predator besar penghuni sungai atau danau lebih agresif dalam mencari makan. Seperti ikan Patin, lele, bawal, gabus, sidat dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, memancing di malam hari punya suasana yang tenang, sejuk dan sepi tanpa harus mengeluh kepanasan akibat sengatan panas matahari pada siang hari. Namun anda harus bisa menahan rasa kantuk, jadi pastikan anda sudah tidur di siang harinya.

Lalu apa sih umpan mancing jitu pada malam hari di sungai, rawa maupun danau ??

Biasanya target utama memancing di sungai pada waktu malam hari adalah ikan predator. Maka dari itu perlu disiapkan piranti/peralatan yang mendukung supaya kita bisa memancing dengan nyaman. Perlatan tersebut usahakan harus dalam kondisi baik seperti reel, joran, kenur, kail serta pelampung. Jika terjadi kesalahan seperti senarnya kusut, maka kita akan kesulitan dalam memperbaikinya. Karena ikan target babon gunakanlah kenur PE yang kuat serta kail yang lebih besar. Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu star light (agar pelampung bisa kita terlihat dengan jelas).


Bukan hanya itu, Agar acara memancing bisa lebih nyaman sebaiknya anda gunakan jaket tebal (agar tidak menggigil karena suhu udara yang dingin), celana panjang, kalau perlu pakai sepatu. penerangan yang cukup (seperti senter atau bila perlu lampu emergency). Jangan lupa juga bawa bekal nasi plus lauk dan juga kopi hitam supaya lebih santai dan menghangatkan badan saat menunggu umpan disambar.

Ada beberapa pertanyaan yang mencuat dari para pemancing tentang memancing di malam hari?

1. Apakah ikan bisa melihat umpan di malah hari?

Ikan memiliki mata yang berbeda dengan kita (manusia). Jadi walaupun di malam yang gelap gulita, ikan masih bisa melihat umpan yang kita berikan. Selain itu, ikan juga memiliki indra penciuman. Jadi bukan hanya mata yang membuat ikan bisa memakan umpan kita, melainkan indra penciuman juga menjadi faktor.

2. Lalu kenapa pabrik pembuat umpan tiruan membuat umpan yang bisa menyala?

Menyala bukan berarti agar ikan bisa melihat dengan jalas. Tapi umpan yang terlihat menyala di dalam air akan lebih menarik perhatian ikan untuk mendekati umpan, terutama ikan yang jaraknya cukup jauh dari umpan yang kita berikan.

3. Apakah bisa menggunakan umpan tiruan di malam hari ?

Tentu saja bisa, baik umpan buatan seperti minnow, jig maupun popper. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa kegelapan tidak mempengaruhi penglihatan ikan. Selain indra penciuman dan penglihatan, ikan juga mengandalkan indra pendegaran untuk menemukan mangsanya.

4. Terus bagaimana dengan umpan hidup atau livebait? 

Umpan yang sangat bagus untuk memancing di malam hari adalah umpan yang berbau amis. Udang, Ati ayam, ikan kecil, jangkrik, cacing tanah dan lain lain. Aroma amis yang dikeluarkan umpan akan merangsang indra penciuman ikan untuk mendekati dan menyambar umpan.

Selain umpan yang di sebutkan diatas, kalian juga bisa menggunakan racikan umpan jitu seperti umpan berbahan dasar pelet. Bicara soal umpan berbau amis, pasti kalian juga tidak lupa dengan umpan yang khas dengan baunya, yaitu umpan kucur.

Umpan kucur adalah merupakan umpan racikan yang dibuat dengan beberapa bahan lalu dipendam di dalam tanah sampai beberapa hari. Umpan kucur sangat dikenal ampuh untuk memancing dimalam hari. Umpan ini biasa digunakan untuk memancing ikan baung. Tapi tidak menutup kemungkinan umpan ini ampuh juga untuk jenis ikan lainnya karena baunya yang khas itu.

Cara membuat umpan kucur:

  • usus ayam mentah.
  • lemak kambing atau sapi dan 
  • kuning telur bebek. 
Setelah bahan terkumpul campur semua bahan kedalam satu wadah, kemudian aduk jadi satu sampai merata lalu masukan adonan kedalam toples. Tutup rapat toples supaya udaranya tidak keluar kemudian pendam selama 3 hari. 

Dari bahan-bahannya saja sudah terlihat bau amisnya seperti apa. Ditambah proses fermentasi dalam tanah yang akan menambah bau dari adonan tadi akan sangat menyengat. Untuk kalian yang tidak kuat dengan baunya, sebaiknya jagan menggunakan umpan yang satu ini, karena akan membuat kepala kalian pusing. Namun melihat dari sisi lain, umpan kucur sangatlah ampuh untuk memancing ikan predator yang mencari makan di malam hari.


No comments:

Post a Comment