Sunday, August 12, 2018

Umpan Jitu Mancing Ikan Gabus

Ikan Gabus
Ikan gabus merupakan ikan predator yang memakan binatang lain termasuk ikan-ikan yang berukuran kecil. Karena itulah ikan gabus tidak boleh di masukan dan di campur dengan ikan-ikan yang lain kedalam empang, karena dengan begitu, ikan gabus ini akan memangsa ikan-ikan yang lainya sehingga tidak bisa  berkembang biak. Ikan gabus ini bisa kita temukan di danau, rawa, sungai, waduk dan di air payau.

Karena ikan gabus ini merupakan ikan predator, maka untuk umpan jitu mancing ikan gabus ini bisa menggunakan umpan hidup. Untuk umpan ikan gabus menggunakan umpan hidup bisa berupa:
  1. Anak ikan mas. 
  2. Cacing tanah.
  3. Ikan sepat.
  4. Anak katak.
  5. Belalang katu.
  6. Jangkrik.
  7. Ulat pisang.
  8. Ulat bambu.
Semua binatang yang di sebut di atas bisa anda gunakan untuk memancing ikan gabus. Tapi di antara delapan umpan yang di sebutkan di atas, umpan jitu yang paling bagus adalah anak ikan mas. Anda bisa memancingnya dengan cara glosor. Gunakan timah yang agak besar pada ujung senar, lalu ikat kail di atas timah dengan jarak sekitar dua jengkal, lalu tusukan anak ikan mas pada bagian ekornya dan di lempar. Ikan gabus yang melihat pergerakan anak ikan mas, maka akan segera mengejar dan memakanya.
Umpan buatan ikan gabus

Selain umpan hidup, anda juga bisa menggunakan umpan buatan yang menyerupai ikan atau anak katak. Untuk memancing dengan menggunakan umpan buatan ini, ada caranya. Lemparkan umpan dengan menggunakan joran rel, lalu gulung kembali. Lakukan cara ini beberapa kali sampai ikan gabus melihat, mengejar dan memakanya. Namun jika sudah beberapa kali anda melempar namun tidak ada sambaran, anda pindah ke lokasi lain.

Racikan Umpan Ikan Gabus

Selain umpan hidup dan umpan buatan, anda juga bisa membuat racikan umpan jitu mancing ikan gabus, berikut racikanya:

  • Susu saset.
  • Daging Ayam.
  • Tepung udang.
  • Pelet.
  • Telor bebek.
  • Essen.
Cara meraciknya:
Masukan kedalam wadah susu saset, tepung udang, pelet dan telor bebek. Aduk sampai merata lalu masukan daging ayam yang sudah di lembutkan dan di aduk kembali sampai membentuk adonan yang lembut. Setelah itu masukan essen dan umpan siap di gunakan.

Kelebihan dan kekurangan umpan hidup, umpan buatan dan umpan racikan

Umpan Hidup
Kelebihanya: Umpan ini memang asli makanan ikan gabus, sehingga dengan begitu, ikan gabus yang melihat umpan ini langsung mengejarnya.
Kekuranganya: Jika umpanya mati, maka tidak ada pegerakan dari umpan dan ikan gabus tidak akan mengejar dan memakanya.

Umpan Buatan
Kelebihanya: Pergerakan ikan buatan ini menggunakan tenaga kita dengan cara lempar dan tarik, sehingga umpan ini akan selalu bergerak sesuai keinginan kita.
Kekuranganya: Karena umpan buatan ini menggunakan tenaga, maka kita sendiri yang akan merasakan kelelahan jika terlalu sering menggunakanya.

Umpan Racikan
Kelebihanya: Umpan racikan ini lebih mengandalkan aroma bau yang bisa dirasakan oleh ikan gabus, sehingga ikan gabus yang mencium dari aroma umpan racikan ini bisa memakanya.
Kekuranganya: Jika umpan racikan ini sering di gunakan, maka jika sudah habis kita tidak bisa meneruskan lagi mancingnya. Selain itu, ikan kecil yang berada di dalam air akan memakan umpan ini sedikit demi sedikit sampai habis.

Demikian umpan jutu mancing ikan gabus yang bisa anda coba. Anda bisa memilih mana menurut anda yang cocok untuk anda gunakan, apakah umpan hidup, umpan buatan atau umpan racikan.

No comments:

Post a Comment